62816658090 |   bojongsehat2pkl@gmail.com |   Jalan Desa Kalipancur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan.

 

VISI DAN MISI

Visi

Visi berkaitan dengan pandangan kedepan menyangkut ke mana instansi pemerintah harus dibawa dan diarahkan agar dapat berkarya secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif, serta produktif. Visi adalah suatu gambaran menantang tentang keadaan masa depan yang berisikan cita dan citra ingin mewujudkan instansi pemerintah.

Puskesmas Bojong II Kabupaten Pekalongan memiliki Visi sebagai berikut :

TERWUJUDNYA PELAYANAN KESEHATAN YANG BERMUTU, TERJANGKAU DAN DIDUKUNG PERAN SERTA MASYARAKAT YANG OPTIMAL.”

 Makna visi tersebut adalah :

  1. Pelayanan Kesehatan yang bermutu adalah memberikan pelayanan terbaik sesuai standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber daya yang tersedia di puskesmas secara wajar, efisien, dan efektif serta diberikan secara norma, etika, dan sosial budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah, serta konsumen, sehingga dapat memenuhi harapan dan kepuasan pelanggan / masyarakat pengguna jasa pelayanan.
  2. Terjangkau adalah memberikan pelayanan yang mudah dijangkau dari segi lokasi dan biaya, serta tidak membedakan status penerima pelayanan kesehatan.
  3. Didukung peran serta masyarakat yang optimal adalah menciptakan peran serta lintas sektor, kader, dan masyarakat dalam mendukung kegiatan kesehatan di wilayah Puskesmas Bojong II untuk menciptakan Kecamatan Bojong yang Sehat.

 

Misi

Misi adalah suatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh instansi pemerintah, sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan. Dengan pernyataan misi diharapkan seluruh anggota organisasi dan pihak berkepentingan dapat mengatahui dan mengenal keberadaan dan peran instansi pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahaan . Untuk mencapai visi “Terwujudnya Pelayanan Kesehatan yang Bermutu, Terjangkau dan didukung peran serta masyarakat yang optimal”, Puskesmas Bojong II menetapkan Misi sebagai berikut :

  1. Misi Pertama : “Meningkatkan sistem manajemen pelayanan kesehatan yang beroreintasi pada peningkatan mutu sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)
  2. Misi Kedua : Meningkatkan kualitas dan integritas sumber daya manusia di puskesmas Bojong II
  3. Misi Ketiga : Menciptakan pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau oleh masyarakat
  4. Misi Keempat : Meningkatan peran aktif dan mendorong kemandirian masyarakat untuk berperilaku sehat

Kualitas sumber daya manusia dan lingkungan yang baik akan sangan menetukan pencapaian tujuan pembangunan kesehatan yang dilakukan di wilayah kerja Puskesmas. Puskesmas Bojong II menggerakkan dan bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya. Sehingga puskesmas harus mendorong kemandirian hidup sehat seluruh pemangku kepentingan untuk berkomitmen dalam upaya mencegah dan mengurangi resiko kesehatan yang dihadapi individu, keluarga, kelompok dan masarakat, berperan aktif dalam memperjuangkan kepentingan kesehatan termasuk sumber pembiayaannya, serta ikut menetapkan, menyelenggarakan dan memantau pelaksanaan program kesehatan. Kemandirian perorangan, keluarga dan masyarakat ini diselenggarakan dengan memperhatikan kondisi dan situasi, khususnya sosial budaya masyarakat setempat.

Dengan misi tersebut diharapkan dapat menunjang Visi Kabupaten Pekalongan, yaitu “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pekalongan yang Sejahtera, Adil, Merata (Setara) dan Berbudaya Gotong Royong“ dengan Misi 4 Kabupaten Pekalongan “Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Dasar yang Berkualitas dan Terjangkau”.

 

Tujuan

Untuk mewujudkan visi dan misi tersebut diatas, Puskesmas Bojong II Kabuapten Pekalongan menetapkan tujuan sebagai berikut :

1.Untuk memujudkan misi “Meningkatkan sistem manajemen pelayanan kesehatan yang beroreintasi pada peningkatan mutu sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)”, maka ditetapkan tujuan sebagai berikut :

  • Meningkatnya kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pelayanan kesehatan.
  • Tersedianya SOP pada semua jenis pelayanan

Untuk memujudkan misi “Meningkatkan kualitas dan integritas sumber daya manusia di Puskesmas Bojong II”, maka ditetapkan tujuan sebagai berikut :

  • Meningkatnya mutu SDM,
  • Tercapainya Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan,
  • Meningkatkan kualitas pelayanan baik di dalam gedung maupun di luar gedung

Untuk memujudkan misi “Menciptakan pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau oleh masyarakat” , maka ditetapkan tujuan sebagai berikut :

  • Menciptakan fasilitas pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau oleh masyarakat di wilayah Puskesmas Bojon II baik dari segi lokasi maupun biaya.
  • Memberikan Pelayanan yang tidak membedakan status baik peserta BPJS maupun pasien umum

Untuk memujudkan misi “Meningkatan peran aktif dan mendorong kemandirian masyarakat untuk berperilaku sehat”, maka ditetapkan tujuan sebagai berikut :

  • Meningkatkan peran lintas sektor dalam pelaksanaan pembangungan kesehatan;
  • Meningkatkan peran kader – kader kesehatan dalam program kesehatan;
  • Meningkatkan peran aktif masyarakat dalam bidang Kesehatan;
  • Meningkatkan Kemandiriaan masyarakat untuk ber PHBS.